Peran Media dalam Mendukung Desa Kreatif

MERAHNEWS.COM | BONE – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dipimpin oleh Prof.Dr.H.Andi Alimuddin, M.Si. yang beranggotakan Prof.Dr.Hj.Dwia Aries Tina Pulubuhu,M.A. dan Seniwati melakukan observasi dan sosialisasi kepada masyarakat Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone pada tanggal 20-23 Agustus 2017 dalam rangka Pengabdian Masyarakat dengan tema “Peran Media dalam Mendukung Desa Kreatif”. Kegiatan ini didukung oleh LP2M Unhas.

Media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dan teknologi kepada masyarakat desa. Media juga memiliki peran dalam mensosialisasikan hasil-hasil usaha masyarakat desa. Petani dapat melakukan promosi melalui media YouTube mengenai hasil pertanian mereka. Oleh karena itu media dapat menjadi perantara yang sangat bermanfaat dalam mendukung produk-produk pertanian yang pada akhirnya akan menciptakan sebuah desa kreatif.

Pada kegiatan pengabdian ini, tim pelaksana pertama kali melakukan observasi di desa tersebut dengan mengunjungi beberapa rumah tangga yang dianggap memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan usaha local. Di desa tersebut, sebagian besar penduduk memiliki sawah yang luas dengan sistem pengairan yang bagus, hamper setiap rumah tangga juga memelihara ternak sapi. Untuk tanaman perkebunan mereka menanam pisang, jagung, cabe besar dan cabe kecil, dan juga tanaman obat-obatan. Sebagian produk tersebut, mereka mengkonsumsinya sendiri atau di jual di pasar local. Disinilah peran pemerintah terutama pemerintah local bersama media dalam mendukung potensi ekonomi masyarakat sangat diperlukan. Jaringan Internet di desa tersebut tergolong cukup baik, sehingga penggunaan media sosial seperti You Tube, Email dan WhatsApp dianggap tidak bermasalah. Selain itu, sebagian besar penduduk terutama golongan remaja memiliki handphone Android yang bisa digunakan dalam mengakses media sosial tersebut.

Dalam sosialisasi kepada warga, tim pelaksana memberikan pemaparan tentang pentingnya pemanfaatan media sosial dalam mengupdate berita-berita terbaru mengenai hasil atau produk para petani. Para petani juga dapat meningkatkan hasil pertaniannya dengan menggunakan teknologi terbaru melalui media sosial. Media sosial dapat memberikan sistem pembelajaran mandiri dalam mendukung desa kreatif. merahnews.com