Bupati Evaluasi Dana Desa

MERAHNEWS.COM | BULUKUMBA – Dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan di desa, Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama dengan para Tim Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Dana Desa Tahap I Tahun 2017 yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda, Kamis, (23/11/2017)

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dalam sambutannya saat membuka rapat menyampaikan bahwa tujuan dari otonomi daerah adalah pencapaian otonomi desa guna terwujudnya masyarakat desa yang mandiri dan sejahtera. Pemda, kata AM Sukri Sappewali telah menggelontorkan Dana Desa rata-rata sebesar 1.5 milyar setiap desanya yang tujuannya adalah untuk peningkatan kualitas taraf hidup masyarakat di desa.

Pemerintah desa diharapkan mampu melaksanakan program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat, olehnya itu pemerintah pusat juga telah menganggarkan biaya untuk tenaga pendamping yang bertugas membantu kepala desa dalam merumuskan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat desa.

Bupati meminta kepada para pendamping desa agar menjadi mitra pemerintah desa dalam merumuskan kebijakan dalam pembangunan di desanya. Pendamping desa harus pro aktif dalam memberikan solusi terhadap program kerja yang akan dituangkan dalam APBDesa.

“Kepala desa jangan hanya tahunya membangun rabat beton dan jalan usaha tani, padahal masih banyak kebutuhan mendasar masyarakat desa yang belum tersentuh, olehnya itu peran dari pendamping desa sangat dibutuhkan untuk mengetahui apa yang menjadi persoalah utama di desa tersebut,” pinta AM Sukri Sappewali.

Lebih lanjut AM Sukri Sappewali berharap ada nilai positif dari pembangunan yang dilaksanakan di tahun 2017 ini, semoga diakhir tahun nantinya, jumlah masyarakat miskin di desa sudah dapat diturunkan dari jumlah yang ada saat ini.

Guna mensupport para pendamping desa, Bupati Bulukumba menjanjikan bantuan operasional bagi Pendamping Desa, dengan catatan pendamping desa harus bekerja dan menunjukkan prestasi dalam mendampingi kepala desa merumuskan kebijakan strategis di desanya. Ia juga mengharapkan pendamping desa mampu melihat dan mengamati persoalah yang terjadi di desa dan proaktif melaporkan segera ke pemerintah.

Baca  Bupati Berdialog dengan Menpora Melalui Teleconference

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Kurniady, Koordinator Tim P3MD, Iwan Salassa dan seluruh Pendamping Desa se Kabupaten Bulukumba, serta seluruh kepala desa. merahnews.com | Ayatullah