Program Desa Wisata, Pengabdian Masyarakat Unhas

MERAHNEWS.COM | GOWA – Tim pelaksana pengabdian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin yang dipimpin oleh Prof.Dr.Gau Kadir,M.Si. bersama anggota tim yaitu Dr.Sukri Tamma, Andi Murfi,S.Sos.,M.Si. dan Seniwati,Ph.D. melaksanakan pengabdian di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone pada tanggal 15-18 Agustus 2017 dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Mengembangkan Program Desa Wisata”.

Kegiatan pengabdian ini memiliki momen yang tepat karena ketika berada di Kecamatan tersebut, sanggar-sanggar seni sedang melakukan pelatihan kepada anak didiknya dalam rangka menyambut perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Pengabdian ini melakukan observasi ke beberapa sanggar tari. Kami ingin melihat dan mewawancarai langsung tim yang tergabung dalam kegiatan sanggar tari.

Setelah itu, lalu dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya mempertahankan keberadaan sanggar tari local. Dari hasil observasi, tim mendapatkan bahwa Pemerintah daerah memberikan kesempatan yang besar kepada sanggar-sanggar tari tersebut dalam melakukan kegiatan. Dalam sosialiasi, tim pelaksana pengabdian memberikan wacana mengenai peran yang besar dalam mensosialisasikan kebudayaan lokal.

Penampilan sanggar-sanggar tari untuk acara-acara tertentu diharapkan dapat menarik wisatawan local maupun mancanegara untuk datang berkunjung di daerah tersebut. Untuk itu pemerintah daerah perlu kerjasama dengan pemerintah desa dalam mengembangkan sanggar-sanggar tari.

Keberadaan sanggar tari dapat mendatangkan investasi bagi daerah tersebut. Dalam sosialiasi ini, tim juga meminta kepada generasi muda untuk turut serta dalam mengembangkan sanggar tari di daerahnya.

Generasi muda dapat mengembangkan keterampilan mereka terutama dalam hal bernyanyi dan menari. Pemerintah daerah juga perlu memberi dukungan dana untuk keberlangsungan sanggar-sanggar tersebut. merahnews.com

Baca  Mahasiswa FKG Unhas Raih Juara II Dentistry Scientific Festival