Bakal Calon Rektor Unhas Periode 2018 – 2022 Ikut Proses Asesmen

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Panitia Pemilihan Rektor (P2R) Universitas Hasanuddin Periode 2018 – 2022 melaksanakan Asesmen Seleksi Bakal Calon Rektor Unhas Periode 2018 – 2022. Proses ini berlangsung pada tanggal 13 dan 14 November 2017 di Hotel Novotel, Makassar, yang merupakan bagian dari tahapan penjaringan pemilihan Rektor Unhas. Acara pembukaan asesmen berlangsung pada pukul 08.00 di Ruang Mangkau, Lt. 2 Hotel Novotel, Makassar. Hadir pada kesempatan ini para bakal calon Rektor Unhas periode 2018 – 2022, Tim Asesmen, Ketua dan jajaran Panitia Pemilihan Rektor, Ketua Senat Akademik, dan Ketua Majelis Wali Amanat.

Tim Asesmen berasal dari Lembaga Pengembangan Kualitas Manusia (LPKM) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Tim ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Psikologi UGM, Prof. Dr. Fathurrahman, MA, bersama 3 (tiga) orang asesor, yaitu: Prof. Dr. Ir. Budi S. Wignyosukarto, Dipl. HE., Fathul Himam, M.Psi, MA., Ph.D, dan Siti Sholichah, S.Psi, M.Psi.

Dalam pengantarnya, Ketua P2R, Prof. Dr. Ir. Nasir Nesa mengatakan bahwa proses yang berlangsung pada hari ini merupakan bagian dari tahap penjaringan. “Kewenangan P2R hanyalah membantu dan memfasilitasi. Keputusan akhirnya ada di MWA. Hasil psikotest ini akan menjadi bagian rekomendasi dalam meneruskan sebagai bakal calon,” kata Prof. Nasir.

Sementara itu, Ketua Tim Asesmen dari Fakultas Psikologi UGM, Prof. Fathurrahman, mengatakan bahwa tes asesmen ini merupakan langkah normatif namun strategis dalam setiap proses pemilihan. “Banyak orang mengira bahwa asesmen psikologi itu adalah tes, sehingga seringkali ada yang bilang ia gugur karena tes psikologi. Padahal tidak demikian. Hasil asesmen psikologi ini menghasilkan gambaran tentang postur psikologis seseorang. Persoalan apakah layak atau tidak, itu tergantung pada kebutuhan dari setiap institusi,” papar Prof. Fathurrahman.

Baca  Unhas Sambut 5.371 Mahasiswa Baru

Fakultas Psikologi UGM, menurut Prof. Fathurrahman, telah berpengalaman dalam banyak sekali asesmen psikologi. Sehingga, proses seperti ini bukan merupakan hal baru, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Bahkan, seorang asesor yang turut hadir pada kesempatan ini, yaitu Prof. Dr. Ir. Budi S. Wignyosukarto, Dipl. HE., baru saja mengikuti pelatihan asesmen psikologis dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) khusus untuk asesmen integritas.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas, Prof. Dr. Basri Hasanuddin, MA, dalam sambutan pembukaan menyatakan terima kasih atas kesediaan tim asesmen dari UGM untuk berpartisipasi dalam proses ini. Unhas sebagai PTN Badan Hukum memiliki mekanisme baru dalam memilih dan mengangkat rektor. “Kami percaya, figur-figur bakal calon Rektor Unhas ini adalah figur-figur terbaik. Sehingga kita akan mencari figur terbaik diantara yang terbaik, ini adalah proses yang istimewa,” kata Prof. Basri. Proses asesmen ini merupakan bagian dari tahapan yang dilaksanakan oleh P2R.

Tim Fakultas Psikologi UGM akan melaksanakan proses asesmen pada tanggal 13 dan 14 November 2017. Pada tanggal 13 November 2017 ini, proses asesmen terdiri atas asesmen tertulis dan Focus Group Discussion (FGD) Kepemimpinan, direncanakan berlangsung sehari penuh. Sementara asesmen wawancara individual akan berlangsung pada Selasa, 14 November 2017. Merahnews.com | Ishaq Rahman / kiki amelya syari