OXFORD (catatan perjalanan Prof Sangkala) 1

MERAHNEWS.COM | OXFORD -. Rabu pagi rombongan kami dari Unhas menuju Peddington station untuk berangkat ke Oxford University. Selain itu juga ada King Cross station yang merupakan salah stasiun kereta internasional yang ada di London, selain ada Paddington Station dan Victoria Station.

Menariknya di King Cross station ada sebuah toko yang menjual pernik-pernik yg digunakan di dalam film Harry Potter yang diberi nama Harry Potter 9 3/4. Tetapi sebelum pengunjung membeli pernik-pernik film Harry Potter, pembeli diperkenankan berfoto di salah satu lokasi shooting Harry Potter, adegan dimana Harry Potter akan ke dunia para penyihir.

Sebuah tembok yg ada tulisan Flatform 9 3/4, dimana pengunjung yg ingin berfoto harus antri karena banyak pelanggan yang ingin memanfaatkan salah satu momen di film Harry Potter tersebut. Menariknya lagi di stasiun King Cross juga merupakan lokasi Harry Potter naik kereta.  Harga tiket ke Peddington £11 pulang pergi sebagai salah satu kota yang di dalamnya merupakan universitas nomor 1 di dunia.

Kereta yang kami naiki  cukup nyaman, yang tak kalah pentingnya di kereta tersebut toiletnya serba otomatis dan sangat bersih. Perjalanan sekitar sejam dari London. Kami tiba di stasiun Oxford dengan nuasa kota tua namun tidak semrawut dan padat. Kami bersyukur ketika tiba di Oxford, kami diantar berputar-putar oleh salah seorang mahasiswa asal kota Parepare walau lahirnya di Jakarta, tetapi yg kami senang karena masih fasih berbahasa Bugis.

Rombongan Unhas Seminar Internasional di London yg diikuti oleh 17 negara mengunjungi Oxford University (merahnews.com)

Rahmat namanya diantara sekitar 20an mahasiswa Indonesia yg kuliah di universitas terbaik dunia tersebut. Rahmat mengambil program doktor bidang engineering.  Mengelilingi kota Oxford relatif biayanya murah karena sekali beli tiket Bus terusan dengan £4 atau setara dengan 70 ribuan sudah bisa digunakan selama 24 jam, walaupun berganti-ganti Bus.

Baca  Pemkot Parepare Berikan Dana Pembinaan untuk 928 Guru Mengaji

Kota Oxford terkesan sebagai kota tua dengan kendaraan utama sepeda, dan hampir setiap sudut-sudut jalan terdapat sepeda yg diparkir. Menurut Rahmat sepeda merupakan kendaraan mahal di kota ini.

Suasana kota Oxford tenang dan teratur (merahnews.com)

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Oxford harus tes dua kali. Pertama tes bidang keilmuan. Walaupun test keilmuannya lulus belum bisa kuliah di Oxford karena harus lulus test terlebih dahulu pada salah satu college.  Bahkan colege ini lebih bergensi bila dibandingkan dengan departemen tempat mereka kuliah sehari.

Bahkan kami sempat melihat College Perdana menteri David  dia permah tinggal. Karena itu ikatan alumni college menjadi sangat kuat.  Berbagai kejuaraan bidang olah raga bahkan gensinya terlihat disetiap college karena kejuaraan yg pernah mereka peroleh akan dipatrikan di dinding college mereka. merahnews.com | Sangkala