Aparat Desa Kec Rilau Ale Bulukumba Belajar Legal Drafting

oleh -72 views
Bulukumba, Rilau Ale, Pelatihan Legal Drafting, Andi Ahmad Yani, Gita Susanti
Pelatihan Legal drafting di kec Rilau Ale Bulukumba. | Merahnews.com - A Yani

MERAHNEWS.CO | BULUKUMBA — Besarnya tanggungjawab aparat desa dalam pembangunan berbasis masyarakat merupakan dampak dari UU No 6 Thn 2014. Salah satu tuntutan utama aparat desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) adalah peningkatan kapasitas mereka dalam penyusunan Peraturan Desa (Perdes).

Untuk membantu pemerintah desa dan menjadi bagian pengabdian masyarakat, Tim Pelaksana Pelatihan Penyusunan Peraturan Desa LP2M Unhas yang diketuai Dr.Muh Tang Abdullah bekerjasama dengan Pemerintah Kab.Bulukumba menyelenggarakan pelatihan penyusunan Legal Drafting bagi aparat desa di Kecamatan Rilau Ale, Bulukumba.

Pelatihan ini diselenggarakan di aula kantor Kecamatan Rilau Ale pada tanggal 25-26 September 2017 yang diikuti 51 peserta.

Peserta pelatihan ini merupakan perwakilan dari 14 desa di Kecamatan Rilau Ale. Peserta terlihat sangat bersemangat mengikuti materi yang dibawakan oleh Dr.Siti Halwatiah, Dr.Gita Susanti dan A.Ahmad Yani,M.Si,MPA,MSc.

Pada sesi diskusi, peserta pelatihan terlibat aktif mendiskusikan proses penyusunan peraturan desa antar desa yang melibatkan beberapa desa untuk mengatur kepentingan yang lintas desa.

Menurut salah seorang peserta, kasus irigasi menjadi permasalahan penting yang sebaiknya diatur dalam Perdes bersama. Selain dihadiri kepala desa dan sekretaris desa, pelatihan ini juga dihadiri tokoh masyarakat dan dibuka oleh Camat Rilau Ale, Andi Muliyadi Pangki,S.Sos,M.Si.M |Merahnews.com | A.Yani/MMM