Unhas Market, ajang pamer produk-produk mahasiswa wirausaha

oleh -148 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – komitmen kampus Unhas dalam menumbuh kembangkan wirausaha pemula, sejak tahun 2009 hingga kini telah memulai program mahasiswa wirausaha yang dikenal dengan PMW.

PMW ini bertujuan untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda berkarakter dan berpendidikan yang akan menciptakan lapangan pekerjaan serta berkonstribusi sosial bagi masyarakat, hal tersebut diungkapkan Ketua Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Unhas Dr.Ir.A.Amidah Amrawati,S.Pt.,MSi.

Hal senada diudangkapkan Pimpinan Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis (UPKB) Unhas, Dr.Ir.Mardiana E Fachry, MSi, bahwa penciptaan wirausaha baru khususnya dikampus bukan lagi sekedar wacana, tapi sudah menjadi aksi nyata.

“Alhamdulillah kini sudah banyak anak-anak lulusan PMW yang berhasil dan usahanya berjalan, memperkerjakan orang, dan memiliki konstribusi sosial dalam sebagai social entrepreneur” ujar Dr.Mardiana.

“Ini yang membangkan kita, bahwa kampus tidak menyumbangkan pengangguran lagi, tetapi telah melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang membuka lapangan pekerjaan”, imbuh Dosen Senior Fakultas ilmu kelautan dan Perikanan ini.

Unhas market yang digelar ini semacam pameran produk/jasa dari anak mahasiswa program PMW tahun ini dan sebelumnya. Ada kurang lebih 20 tenant usaha yang memiliki produk-produk inovatif yang siap tampil.

Acara ini berlangsung dari tanggal Rabu- Jumat, 27 s/d 29 September 2017, dipelataran Gedung Baruga Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea, selain expo ada juga kegiatan talkshow bisnis, success story, dan networking, ujar Ketua Panitia Unhas Market, Widi Fatimah Azzahrah, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, PMW 2017.

Diharapkan civitas akademi di kampus Unhas dan masyarakat luas dapat berkunjung, mengenal dan membeli produk-produk kami, ujar, Samsudin Yunus, PMW 2016 yang saat ini mengembangkan Donut khas dari bahan olahan rumput laut dengan brand Ampa Bakery.

Selain itu kegiatan Unhas Market kali ini berkolaborasi dengan SELF (Student Entreprenuer & Leadership Forum) Unhas, sebagai komunitas mahasiswa yang berwirausaha dan mengembangkan kepemimpinan kewirausahaan yang dikordinir oleh Fikri Adi Syaman, mahasiswa PMW 2015 dari fakultas hukum yang merupakan founder Snack Jodohku.

Laporan: M.Nur BM (UPKB Unhas)