Fak Kehutanan Unhas dan Kementerian LH dan Kehutanan Gelar Pelatihan Auditor VLK

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dengan Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan Pelatihan Calon Auditor Verifikasi Legalitas Kayu (VLK) Industri yang berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan Unhas Makassar, Rabu (6/9/2017).

Kegiatan pelatihan calon Auditor VLK ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari kalangan akademisi (8 orang), Lembaga Kehutanan (5 orang), NGO/Wirausaha (7 orang), Praktisi Kehutanan (3 Orang) dan Fresh graduate (7 orang).

Para peserta yang dinyatakan lolos mengikuti pelatihan tersebut terlebih dahulu diseleksi oleh tim yang diketuai oleh Prof.Dr.Ir.Yusran, S.Hut., M.Si., IPU serta
Adrayanti Sabar, S.Hut., M.P selaku Sekertaris merangkap Anggota dan Dr. A. Mujetahid, S.Hut., M.P selaku Anggota.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu:
1.Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Ditjen PHPL, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
, Dr. Ir. Rufi’ie, M.Sc.
2.Dekan Fakultas Kehutanan Unhas, Prof Dr Ir Yusran S. Hut, Msi, IPU.

Peserta Pelatihan Calon Auditor Verifikasi Legalitas Kayu (VLK) Industri. Foto: Yusran

Kegiatan ini didukung oleh Multistakeholder Forestry Programme. Communication Coordinator Multistakeholder Forestry Programme, Soraya Aiman mengaku bahwa hingga saat ini, masih banyak ditemukan penyelundupan kayu dan tertangkap tangan tanpa dokumen sah sehingga dipastikan hasil pembalakan liar.

Salah satu pencegahannya kata Soraya adalah melalui Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). Masalahnya tambah Soraya, penerapan SVLK yang dihadapi oleh pelaku usaha, khususnya industri hasil hutan baik industri primer dan industri skala kecil dan menengah adalah tingginya biaya untuk memperoleh SLK khususnya untuk pelaku usaha yang berlokasi di Indonesia bagian timur.

Untuk itu, menurut Soraya, salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan menyediakan auditor SVLK yang kompeten yang berdomisili di Indonesia bagian timur (Sulawesi, Maluku dan Papua).

Baca  Garap Komunitas Burung Berkicau, Deng Ical: Kompetisi ini Sebagai Ajang Silaturahmi

“Itulah sebabnya kita adakan pelatihan auditor SVLK untuk meningkatkan ketersediaan jumlah auditor SVLK yang berdomisili di Indonesia bagian timur” Ujar Soraya.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Ditjen PHPL, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Rufi’ie, M.Sc. Merahnews.com | Ainun Maulidya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.