5060 Maba Unhas Mengikuti Balance 2017

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Tidak kurang dari 5060 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Hasanuddin Makassar mengikuti kegiatan Basic Learning Skill, Character and Creativity (Balance) 2017 yang berlangsung di Baruga AP Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea Makassar, Sabtu (26/8/2017).

Kegiatan Balance merupakan pengembangan dari Basic Character and Study Skill (BCSS) yang pernah diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan BCSS dilakukan sebanyak 7 kali pertemuan dan berlangsung setiap hari Sabtu.

Berbeda dengan BCSS tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Balance Tahun 2017 ini hanya akan dilaksanakan sebanyak 6 kali dan berlangsung setiap hari Sabtu.

“Kegiatan Balance bertujuan untuk mengembangkan keterampilan belajar mahasiswa yang berbasis Student Center Learning (SCL), mengembangkan karakter mahasiswa sebagai pembelajar aktif, dengan berdasar pada standar nilai yang berlaku di Universitas Hasanuddin” Ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Dr.Ir Abd Rasyid saat menyampaikan laporan penyelenggaraan kegitan Balance 2017.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Dr.Ir Abd Rasyid menyampaikan laporan dalam pembukaan Balance 2017 yang berlangsung di Baruga AP. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea Makassar, Sabtu (26/8/2017) | Merahnews.com – MUL

Kegiatan ini diikuti oleh 13 Fakultas yang ada di Unhas. 12 Fakultas menyelenggarakan kegiatan Balance di kampus Unhas Tamalanrea sementara 1 Fakultas yaitu Fakultas Teknik menyelenggarakan kegiatan Balance di Kampus Fakultas Teknik Unhas Kabupaten Gowa.

Mahasiswa Baru yang mengikuti Kegiatan Balance ini disebar dalam 128 kelas. 106 kelas berada di Unhas dan selebihnya yaitu 22 kelas berada di kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa.

Setiap kelas akan terdiri dari mahasiswa yang berasal dari semua program studi yang ada di unhas. Tujuannya kata Abd. Rasyid untuk membangun nilai-nilai ke-Unhas-an secara bersama-sama.

Baca  Unhas Paling Banyak Hasilkan Guru Besar di Indonesia Tahun 2017

Pria yang akrab disapa ka Cido ini mengaku bahwa sebelum penyelenggaraan kegiatan Balance ini terlebih dahulu diadakan Pelatihan dan Workshop bagi 158 Instruktur yang berasal dari seluruh Fakultas yang ada dalam lingkup Unhas. Para Instruktur ini akan didampingi oleh para Tutor yang telah memenuhi syarat tertentu.

Para Instruktur dan Penanggungjawab kegiatan Balance tingkat Fakultas menghadiri pembukaan Balance 2017 di Baruga AP Pettarani kampus Unhas Tamalanrea, Sabtu (26/8/2017) | Merahnews.com – MUL

Materi pertama yang diterima oleh Maba pada hari pertama pelaksanaan Balance adalah Framework Balance yang dibawakan oleh Ibu Elvita Bellani. Elvita merupakan penanggungjawab kegiatan pelatihan Instruktur Balance 2017 dan Ketua KBK Unhas.

Menariknya, kegiatan Balance 2017 ini juga mengahadirkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Suhardi Alius.

Luhut B. Pandjaitan menyajikan materi tentang upaya meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi generasi muda pada pukul 11.00 WITA . Sementara Suhardi Alius akan membawakan materitentang bahaya radikalisme dan terorisme serta upaya untuk menangkal radikalisme dan terorisme di kalangan generasi muda
pada pukul 13.30 WITA.

Kegiatan pembukaan Balance 2017 dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof.Dr Ir. Junaedi Muhidong, M.Sc, Dekan Fakultas Pertanian, Prof.Ir Sumbangan Badja, Ph.D, Dekan Fakultas Kehutanan, Prof.Dr.Ir Yusran dan para Instruktur Balance 2017. Merahnews.com | Ainun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.