Himpunan Putusan Tarjih Bukanlah Mazhab Muhammadiyah

oleh
Pimpinan Wilayah Muahammadiyah Sulsel, PWM Sulsel, Pengajian ramadhan 1438 H, Watampone Bone, Himpunan Putusan tarjih, HPT
Pengajian Ramadhan 1438 H Pimpinan Wilayah Muhammadiyah sulsel yang berlangsung di Watampone, Jumat (16/6/2017). MERAHNEWS.COM - HAIDIR FITRA SIAGIAN

MERAHNEWS.COM | BONE — Muhammadiyah tidak bermahzab. Tuntunan Muhammadiyah hanya Al Qur’an dan Sunnah As Shahih. Himpunan Putusan Tarjih (HPT) bukanlah mahzab Muhammadiyah. Keliru jika ada warga yang menganggap HPT adalah mahzab Muhammadiyah.

Hal tersebut terungkap dalam Pengajian Ramadhan 1438 H Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan dengan topik Ketarjihan dan Masalah Ibadah Yang berkembang. ”

Kegiatan Pengajian Ramadhan PWM Sulsel ini  berlangsung di hotel Sarlim Watampone Kabupaten  Bone Sulawesi Selatan, Jumat (16/6/2017).

Pengajian Ramadhan yang membahas tentang Ketarjihan ini Topik ini menghadirkan 2 (dua) narasumber yang sangat kredibel di bidang Ketarjihan dan masalah Ibadah yaitu Dr. H. Abdullah Renre dan Dr. Abbas Baco Miro, Lc

Menurut mereka, HPT merupakan himpunan pendapat para tokoh dan ahli agama dari kalangan Muhammadiyah yang sudah disepakati secara bulat. HPT tersebut bersifat terbuka dan masih dapat dikaji.

Jika ada pendapat dan dalil yang lebih kuat kata para narasumber, maka HPT bisa didiskusikan. Tentu perubahan HPT mesti sesuai dengan mekanisme musyawarah.

Warga Muhammadiyah boleh menjadikan HPT sebagai tuntutan ibadah dan boleh yang lain. Muhammadiyah tidak akan melaksanakan keseragaman dalam beribadah. Masing-masing warga dapat berpendapat sesuai dengan ilmu dan keyakinan nya, dan itu sebagai pemikiran pribadi.

Namun pemikiran pribadi  kata Dr. H Abdullah Renre tidak boleh dibawa-bawa mengatasnamakan organisasi. Tetapi jika sudah diputuskan secara organisasi, misalnya dalam HPT, maka itulah yang mesti didakwahkan dan disosialisaikan kepada warga Persyarikatan. MERAHNEWS.COM | HAIDIR FIFTRA SIAGIAN 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.